Wednesday, December 5, 2012

JENIS JARINGAN DAN PENGERTIAN LAN,MAN, DAN WAN

Publish Pada Jam:1:07 PM Penulis Oleh: Kanon-san

jenis jaringan komputerJENIS JARINGAN DAN PENGERTIAN LAN,MAN,DAN WAN – jaringan dapat di kelompokan berdasarkan luas area yang dapat di jangkau atau di layani. Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu lokal area network (LAN). Metropolitan area network (MAN), dan wide area network (WAN). Nah untuk pengertian jariangan sendiri menurut http://id.wikipedia.org adalah Sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagai sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).


1.      Lokal area network (LAN)
Adalah jaringan di batasi oleh area yang relatif kecil umumnya di batasi oleh area lingkungan seperti sebuah kantor pada sebuah gedung atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah.

2.      Metropolitan area network (MAN)
Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN. Misalnya antar wilayah dalam satu propinsi dalam hal ini jaringan man menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil kedalam lingkungan area yang  lebih bersih sebagai contoh jaringan kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar di hubungkan antara satu dengan yang lainya.

3.      Wide area network (WAN)
Wan adalah jaringan yang ruang lingkupnya sudah menggunakan sarana satelit, wireless, ataupun kabel viber optik. WAN memiliki jangkauan yang lebih luas hingga wilayah otoritas negara lain. Menggunakan sarana WAN, sebuah perusahaan yang ada di indonesia bisa menghubungi kantor pusatnya yang ada di jepang hanya dalam waktu beberapa menit.

Nah hanya segitu yang saya tau tentang JENISJARINGAN DAN PENGERTIAN LAN,MAN, DAN WAN dan itu pun saya dapatkan dari buku tulis saya, yang kebetulan saya anak TKJ juga J. jika ada salah penulisan atau tata bahasa yang kurang sopan mohon di maafkan karena saya sendiri masih belajar dalam membuat artikel.

Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan